Pencarian Google

Rabu, 01 Juni 2011

Pariwisata Cilacap

Wisata Alam




Pantai Teluk Penyu


Kawasan pantai yang membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap) ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapal tangker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai Teluk Penyu. Di sepanjang pantai tersedia kios-kios/warung yang menjajakan ikan asin kering dan basah yang siap langsung dimasak serta aneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya. Terletak di Kecamatan Cilacap Selatan dengan jarak 2 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi.






Hutan Payau


Kawasan Hutan Payau (mangrove) seluas 10 hektar, selain sebagai obyek wisata juga dimanfaatkan sebagai penelitian dari kalangan Perguruan Tinggi. Terletak di kecamatan Cilacap Utara dengan jarak 8 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap.







Wana Wisata Gunung Selok dan Srandil


Merupakan kawasan pegunungan yang berdampingan, terletak di Desa Karang Benda Kecamatan Adipala atau 26 Km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap. Disamping mempunyai keindahan alam seperti gua, pantai, flora dan fauna juga sebagai tempat meditasi/ziarah bagi masyarakat yang meyakininya.








Pantai Widara Payung dan Jetis


Pantai Widara Payung terletak di Kecamatan Binangun atau 35 Km ke arah timur dari Kota Cilacap. Kawasan ini dinyatakan layak sebagai tempat selancar (surving) oleh organisasi Selancar Internasional, mengingat gelombang laut yang relatif besar. Sedangkan Pantai Jetis masuk wilayah Kecamatan Nusawungu bersebelahan dengan Pantai Logending Ayah Kabupaten Kebumen dengan daya tarik pantai, gelombang laut, pegunungan kapur dan dapat menyusuri sungai ijo dengan perahu-perahu nelayan yang khusus disediakan untuk wisata tirta.




Pemandian Air Panas Cipari


Terletak di Desa Cipari Sidareja, merupakan pemandian air panas yang mengandung belerang dan dipercayai oleh sebagian masyarakat untuk menyembuhkan penyakit kulit.




Wisata Budaya dan Sejarah





Benteng Pendem


Benteng Pendem Cilacap atau dalam bahasa Belanda disebut "KUSBATTERIJ OP DE LANTONG TE CILACAP" terletak 0,5 Km ke arah selatan dari obyek wisata pantai Teluk Penyu. Merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879 dengan kuas 6,5 hektar. Bangunan Benteng Pendem ini memiliki konfigurasi yang amsih kokoh diantaranya barak/ ruang perajurit, klinik, terowongan, penjara, ruang amunisi, ruang tembak yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.




Rumah Adat


Sejalan dengan kemajuan teknologi. kebudayaan daerah mulai tersingkir dan bahkan hampir punah khususnya keberadaan perumahan khas daerah. Namun masih ada masyarakat yang menjunjung tinggi kebudayaan daerah dengan melestarikan rumah adat Cilacap yaitu Rumah Adat Bandung Tikelan khususnya di wilayah Cilacap bagian timur (Kroya, Adipala, Binangun, dan Nusawungu). Untuk melestarikan nilai-nilai budaya tersebut oleh pemda Cilacap Rumah Adat Bandung Tikelan diminiaturkan di Anjungan Cilacap Puri Maerokoco Taman Mini Jawa Tengah di Semarang.




Wisata Minat Khusus




Pulau Nusakambangan


Pulau Nusakambangan Cilacap terkenal sebagai Pulau Penjara yang angker dan seram, namun disamping sebagai lembaga pemasyarakatan juga sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pulau yang membujur dari barat sampai ke timur 36 Km lebar 4-6 Km menyimpan banyak misteri dan daya tarik wisata diantaranya: Gua Ratu, Pantai Permisan, Pantai Pasir Putih, Gua Masigitsela, Pantai Karang Bandung (Pulau Majethi) yang dipercayai sebagai tempat tumbuhnya bunga wijayakusuma, Benteng Pendem, Benteng Klingker, Mercu Suar Cimiring, Monumen Altileri, Cagar Alam/ Hutan Lindung, Pantai Ranca Babakan dengan penyeberangan melalui Pelabuhan penyeberangan ASDP Lomanis Cilacap.








Wisata Bahari


Kondisi geografis Cilacap yang mempunyai Kawasan Segara Anakan dan Bengawan Donan dengan muara di Laut Lepas Samudera Indonesia telah dimanfaatkan untuk wisata bahari yang dikelola oleh swasta dan pemerintah berlokasi di Pelabuhan Penyeberangan Lomanis melalui pelayanan reguler maupun paket-paket wisata yang ditawarkan.

-----------------------------------------------------------

TRANSPORTASI,KOMUNIKASI DAN PARIWISATA

Di Kabupaten Cilacap salah satu prasarana tansportasi yang penting untuk memperlancar kegiatan perekonomian adalah adanya fasilitas jalan. Panjang jalan di Kabupaten Cilacap selama dua tahun terakhir tidak mengalami perubahan yaitu sepanjang 1.010,120 km. Selama tahun 2004 pembanguna sarana jalan ini sangat gencar dilakssanakan terlihat dari tabel 8.1. dimana jenis permukaan jalan aspal sudah 100 persen yang berarti tidak ada lagi jalan dengan permukaan tanah dan kerikil.
Tetapi bila dilihat kondisi jalan di Cilacap terjadi penurunan untuk kondisi baik dan sedang sehingga secara otomatis jumlah jalan rusak dan rusak berat mengalami peningkatan.

ANGKUTAN DARAT DAN LALULISTAS UDARA

Sarana angkutan darat khusunya angkutan bermontor yang ada di Kabupaten Cilacap 145.309 buah terdiri dari 8 jenis kendaraan bermontor di tahun 2004.Dari jumlah tersebut di ketahui bahwa banyaknya obyek pajak kendaraan bermontor yang tercatat pada Dinas Pendapetan Daerah Propinsi Jawa Tengah Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kabupaten Cilacap,Kantor Samsat Cilacap sebanyak 108.965 buah dan Kantor Samsat Majenang sebanyak 36.344 buah.
Banyaknya lalulintas pesawat terbang tahun 2004 sebanyak 117 kedatangan pesawat 112 keberangkatan pesawat.Sedangkan jumlah penumpang datang 1.011 orang dan penumpang berangkat 889 orang.Lalulintas pesawat udara ini mengalami penurunan apabila dibanding tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar